Bau mulut

Biasanya bau mulut itu disebabkan karna :
1. Banyak karang gigi di mulut, biasa karna penumpukan plak ato sisa makanan, karna tidak atau sulit di bersihkan, jadi plak itu berubah menjadi keras dan menjadi karang gigi
2. Dalam mulut kamu ada infeksi, seperti adanya gigi yg berlubang, ato gusi kamu mudah berdarah, ato pun sisa2 gigi yg sudah mati tapi belum kamu cabut
3. Karna penyakit sistemik, seperti xerostomia (mulut kering) karna penyakit diabetes melitus ato penyakit yg menyebabkan mulut jadi kering lainnya. mulut kering ini biasa menyebabkan bau mulut.
4. karna makanan yg kamu makan, kalo kamu makan makanan seperti jengkol, bawang ato makanan lain.

Solusi :
1. bersihin karang gigi, karna karnag gigi itu sumber penyakit (terdiri atas kuman2) jadi datang aja ke dokter gigi buat di bersihin (scalling) dan periksa gigi tiap 6 bulan sekali.
2. kalo bisa sumber infeksi (seperti sisa akar gigi) di cabut, karna kalo di biarkan di dalam mulut dapat nyebabsn terjadinya nanah (abses) dan itu juga bisa nyebabsn kamu sakit dan bau mulut aswell.
3. bener, bisa di pake listerin untuk membantu, tapi jgn terlalu sering karna di dalam mulut ada flora normal (bakteri dan jamur). kalo kamu keseringan pake obat kumur, maka bakteri yg ada di flora normal itu akan mati dan timbul jamur (ga mau kan mulutnya jamuran?)
usahakan pakai listerin 2x dalam seminggu saja..itu uda dapat ngebantu kok
4. kalo memank kamu ada riwayat keluarga yg DM, coba cek ke dokter gula darah kamu, biar bisa di pastiin kamu normal ato tidak. kalo tidak kamu musti makanan yg akan kamu makan.
5. hindari faktor penyebab bau mulut, seperti kalo kamu suka jengkol, tapi kamu merasa kamu masih bau mulut, jgn makan dulu..diet happy.gif

Tips :

• Penting sekali untuk menjaga mulut bersih. Sikatlah gigi minimal dua kali sehari. Banyak Ahli menyarankan juga membersihkan lidah karena bakteri juga bisa tinggal di sana menggunakan alat khusus.

• Gunakan obat kumur untuk mengurangi bakteri, namun jangan pilih obat kumur dengan pembawa alkohol. Anda boleh berbahagia, karena menurut para ahli, obat kumur bisa menahan bau mulut sampai delapan jam. Namun, tentu jika kebersihan mulut tak dijaga, bau mulut akan muncul lagi.

• Jika Anda menggunakan kawat gigi yang dilepas, pastikan kawat gigi selalu bersih baik saat menyimpan maupun saat menggunakannya kembali.

• Jika ada jarak antara gigi, atau ada infeksi gusi, gunakan sikat gigi interdental yang digunakan pada segitiga antara gigi dan gusi.

• Jika perlu, hindari dulu makanan yang dapat memicu bau mulut seperti ikan, daging, produk susu, makanan pedas, bawang merah, bawang putih, kopi dan makanan manis.

• Minum banyak air!

• Jangan lupa sarapan dan makan secara teratur supaya produksi air ludah lancar. Jika perlu, kunyah permen karet tanpa gula untuk meningkatkan saliva.

• Permen mint memang bisa membantu bau mulut lebih baik, tapi hanya sementara. Ahli mengatakan, permen dengan kandungan minyak sinamon akan membantu menghilangkan bakteri mulut yang merugikan.

• Atasi stress!

• Hindari rokok dan minuman beralkohol.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: