Terapi Kaki Anak Ceper

Jika anak anda tidak kuat berjalan dan sering mengeluh telapak kakinya perih atau terasa “terbakar” kalau berjalan agak jauh, bisa jadi itu karena bentuk telapak kaki anak anda ceper (mendatar). Penyebab bentuk yang tidak normal ini biasanya karena kelemahan bawaan pada otot-otot dan urat tendon di telapak kaki.

Untuk mencegah berkembangnya telapak kaki ceper, kekuatan telapak kaki harus dilatih sejak masa kanak-kanak. Anak-anak kecil yang sering berjalan dengan kaki telanjang, di atas rumput atau di atas pasir (tentu saja di tempat yang tidak menyebabkan kaki mereka luka), akan memperoleh keuntungan dalam meningkatkan kekuatan telapak kakinya. Olahraga lain yang juga bagus untuk memperkuat telapak kaki adalah senam, lompat tali, berjalan dengan ujung jari kaki atau berjalan dengan sisi luar telapak di mana ujung jari kaki ditekuk.

Ahli pengobatan (therapeutist) juga menganjurkan beberapa seri latihan untuk mencegah telapak kaki ceper, yaitu:

  • Duduk di kursi dan pegang tempat sandaran kursi, lonjorkan kedua kaki di depan lalu lakukan 20 putaran kaki dengan gerakan lambat menuju ke dalam.
  • Berdiri di belakang kursi dan pegang punggung atas kursi, berdiri naik turun bergantian di ujung jari kaki atau tumit. Ketika berdiri di atas tumit, tekuk jari-jari kaki.

Jika ceper telapak kaki sudah parah, terutama bila terasa nyeri, sebaiknya rendamlah kaki tersebut ke dalam air hangat yang sudah dicampur soda. Dalam beberapa kasus, ahli bedah tulang (orthopedist) dapat menyuruh terapi fisik, umpamanya dengan memakai sepatu orthopedic atau supinator yang disisipkan ke dalam sepatu atau peralatan kaki yang biasa lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: