Seledri Menekan Kolesterol

Dewasa ini, setiap kali orang mendengar penyakit kelebihan kolestrol selalu khawatir. Memang, penyakit paling ditakuti dan populer di zaman ini, sangat mengganggu kesehatan jantung. Tapi, Anda jangan terlalu khawatir. Penyakit kelebihan kolesterol atau hiperkolesterolemia ini dapat diturunkan dengan mengonsumsi bahan alami, seperti seledri, bawang putih, bawang prei, atau temulawak.

Celakanya, penyakit jenis ini relatif baru diketahui dalam dunia kedokteran. Tak heran, jika tak dikenal obat tradisionalnya. Kalaupun kemudian diketahui obat alami untuk kondisi ini, sifatnya bukanlah warisan nenek moyang. Untunglah, beberapa penelitian sudah membuktikan adanya sejumlah bahan alami yang bisa dijadikan obat.

Pada hewan percoban, sari bawang putih Allium sativum terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol serum dan trigliserida dalam serum darah. Ia juga dapat menaikkan kadar HDL serta meningkatkan aktivitas fibrinolitik. Umbi bawang putih ini pun bisa mencegah terjadinya infiltrasi (penyusupan) lemak, menghambat atau mencegah agregasi platelet (bagian darah yang berperan dalam pembekuan darah), sehingga penggumpalan darah tidak terjadi.

Daun seledri Apium graveolens L. yang digunakan untuk penelitian menunjukkan hasil positif pada tikus putih. Kadar kolesterol darah hewan percobaan yang diberi rebusan daun seledri itu ternyata menurun. Ini dikarenakan di dalam daun seledri terkandung senyawa glukosida, apiin, dan apoil yang memberi aroma khas. Namun, senyawa apa yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol darah belum terungkap.

Bila daun ini dipilih sebagai obat, diperlukan sebatang seledri yang direbus dengan 1gelas minum air hingga mendidih. Setelah dingin, minumlah air rebusan itu. Dalam sehari cukup minum satu kali.

Bagaimanapun, pengobatan merupakan langkah baik untuk menurunkan kadar kolesterol darah yang telanjur tinggi. Namun, tindakan pencegahan tetap lebih baik. Beberapa patokan sederhana untuk mencegah hiperkolesterolemia di antaranya: menambah kadar serat dapat larut dalam diet dengan makan buah-buah, sayuran, kacang-kacangan, dan bebijian.

Kemudian, pilihlah lauk produk daging putih atau ikan dan singkirkan kulitnya sebelum memasak ayam. Pilihlah daging tak berlemak dan membuang semua lemak yang ada. Makanlah dalam porsi sedang. Ingat, batasi juga jumlah Anda mengonsumsi kacang tanah mentega, margarin, keju, dan minyak goreng dari kelapa atau kelapa sawit. Sebaiknya, gunakan minyak bunga matahari, kedelai, kanola, atau minyak zaitun. Idealnya, lakukan penurunan bobot badan dengan cara berolahraga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: